Mari kita mengenal lebih dekat Alumni STT NF angkatan pertama (tahun 2012) dari jalur Beastudi. Ia adalah pria kelahiran Jakarta, 8 April 1988 yang pernah dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (MaPres) STT NF selama 2 kali berturut-turut. Hendra Aditiyawijaya, demikian nama lengkapnya, di kampus ia dikenal sebagai sosok yang prestatif serta aktif, baik dalam penelitian akademis maupun kegiatan organisasi. Hendra adalah nama panggilan yang biasa dipanggil di lingkungan kampus, dan dipanggil Siwi di lingkungan tempat tinggalnya di daerah Cilodong Depok.

Ia terlahir dari keluarga sederhana, dari seorang Bapak yang berprofesi sebagai arsitek dan ibu yang sebagai pengelola rumah tangga. Ia merupakan anak pertama dari 3 bersaudara yang sejak kecil selalu ditanamkan nilai-nilai agama dan keilmuwan oleh kedua orang tuanya. Betapa tidak, sejak kecil ia dan adik-adiknya hanya diijinkan menonton televisi selama 3 jam saja dan lewat waktu maghrib adalah waktu untuk mengaji serta belajar. Melalui pola pendidikan yang baik, tanpa pernah ada omelan atau kekerasan dari orang tua, membuatnya secara inisiatif untuk banyak belajar dan dekat dengan orang tua.

Hendra merupakan salah satu mahasiswa berpresatasi selama menjalani perkuliahan di program Studi Sistem Informasi dari jalur Beastudi di STT NF. Setelah mengecap pendidikan selama kurang lebih 3,5 tahun atau 7 semester, ia berhasil lulus dengan mendapatkan predikat cumlaude dengan nilai IPK 3.80.

Ketika di bangku kuliah, selain mendapat kepercayaan sebagai MaPres, ia juga tercatat sebagai mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang penelitian. Beberapa hasil penelitiannya bersama salah satu dosen STT NF, Amalia Rahmah yaitu: Penerapan Knowledge Management Berbasis Open Source di STT NF; Cara, Gaya, dan Teknologi Pendukung Pembelajaran dan Peningkatan Knowledge Sharing Untuk Membentuk Jiwa Entrepreneur Pada Kegiatan Mentoring Mahasiswa STT NF Melalui Pengembangan Simentor.

Di kampus STT NF, mahasiswa memang dimotivasi untuk menghasilkan karya. Hal ini karena, dengan menghasilkan karya maka masyarakat akan mengetahui sampai sejauh mana kualitas mahasiswa yang berkuliah di STT NF. Ia merasa sangat beruntung bisa mendapatkan beasiswa dari STT NF, karena di kampus ini mahasiswa mendapatkan support dan bantuan untuk bisa terus menghasilkan karya.

Ketertarikan di bidang penelitian tidak menyurutkan tekadnya sebagai mahasiswa untuk aktif dalam organisasi kampus maupun sosial kemasyarakatan. Semasa kuliah, ia tercatat aktif dalam Ikatan Mahasiswa STT NF sebagai Kepala departemen Pendidikan dan keilmuwan BEM STT NF tahun 2014, ia juga pernah tercatat sebagai salah satu pendiri dan ketua umum Lembaga Dakwah Kampus, SENADA STT NF yang di dirikan pada tahun 2015. Selain itu, hobinya dalam menulis juga pernah mengantarkannya diundang dalam Seminar Nasional Sistem Informasi, di ITS Surabaya pada 2015 lalu, untuk mempresentasikan makalah ilmiah tentang knowledge sharing. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, Dimana ia juga pernah aktif sebagai volunteer di Dompet Dhuafa dan Pecinta Anak Yatim Jakarta. Semua akivitas ini ia lakukan demi mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditanamkan di STT NF.

Sebagai seorang mahasiswa yang merasakan nikmatnya pendidikan di bangku kuliah, maka sudah menjadi kewajiban baginya untuk bisa menyebarkan kebermanfaatan atas ilmu yang didapat. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga, masyarakat sekitar dan bangsa. Menurutnya, ”Sampai sejauh mana kontribusi seorang mahasiswa adalah cerminan motivasi untuk terus berprestasi. Dimana tingkat kebermanfaatan mahasiswa terlihat tidak hanya di kelas, juga melalui lembaga, komunitas atau bahkan gerakan sosial yang dilakukannya”.

Hobi yang dimiiki oleh pemuda ini adalah blogging, programming, membaca novel, bermain bulutangkis dan mengajar. Salah satu hobinya, yaitu mengajar, berhasil membuatnya mengenal salah satu bidang pekerjaan yang cukup mengasyikkan, itu adalah saat dimana ia dipercaya sebagai trainer Oracle Database di DitJen Pajak dan juga asisten trainer Database di Pusdiklat Keuangan Umum, Kemenkeu. Inilah salah satu jalan yang membuatnya dikenal sebagai mahasiswa dan alumni dari STT NF oleh masyarakat luas dan professional lainnya. Sebuah bekal ilmu yang ia dapatkan sejak kuliah hingga saatnya dipercaya sebagai trainer di lembaga pemerintah adalah nikmat dan peluang baginya untuk mengembangkan diri serta membawa nama kampus agar makin dikenal dengan prestasi. Hingga saat ini setelah ia lulus, ia dipercaya untuk bergabung bersama tim project sebagai Business intelligent Analyst di SKK Migas, bersama tim dari PT. LAPI ITB.

Satu kunci rahasianya selama ini ialah tidak pernah lepas meminta doa restu dari orangtua. Baginya, orang tua sangat berjasa, terutama Ibu. Bagaimanapun kondisinya, ia selalu bercerita dan memohon doa tentang apa yang ia akan kerjakan. Baginya, berikhtiar maksimal untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi orang banyak juga merupakan amal jariyah bagi orangtua

2 thoughts on “

  • July 6, 2016 at 10:01 pm
    Permalink

    Bagaiman cara daftarnya bagi yg berprofesi sebagai karyawan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *