Di balik Kesuksesan BukaLapak.com

Banyak pepatah menyatakan bahwa “Menjadi sukses tidaklah mudah“, tapi bukan tidak mungkin. Kata-kata itu yang dibuktikan oleh sang pendiri BukaLapak, salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia, Ahmad Zaky. Ia bisa menjadi orang yang sukses, walaupun tidak mudah, karena harus kerja keras sekuat tenaga.

Zaky sapaan akrabnya, ternyata memulai bisnis situs jual beli online tersebut hanya dengan bermodalkan ratusan ribu rupiah saja. Sebelum membuat usaha online, dia adalah seorang penjual mie ayam bersama temannya saat di masih kuliah.

Akan tetapi bisnis mie ayam yang dibuat bersama temannya tersebut mengalami kebangkrutan dan membuatnya menjadi pesimis untuk berwirausaha, ditambah lagi keinginan orang tuanya agar ia menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun, dengan semangatnya yang tinggi Zaky terus berusaha dan berfikir, bagaimana caranya menjadi pengusaha sukses. Bersama temannya, ia membuat sebuah produk penyedia lapak jual beli online. Karena peningkatan penggunaan internet serta minat masyarakat pada saat itu yang banyak melakukan jual beli secara online, maka ia kira bisa membuat bisnisnya tersebut mudah berkembang pesat.

Lagi-lagi tidak ada yang bisa mendapatkan kesuksesan dengan mudah dan tanpa kerja keras. Begitu pun yang dihadapi Zaky. Ia harus putar otak bersama temannya dengan modal hanya Rp 500.000 untuk membeli domain dan hosting yang kecil. Ia harus mendapatkan cibiran dari teman-temannya karena ketidakjelasan bisnis tersebut.

Dengan kegigihan dan tekad yang kuat membuatnya bisa melewati itu semua, dan sedikit demi sedikit terjadi peningkatan pada bisnisnya tersebut. Di awal masa kejayaannya terdapat 10.000 pengunjung perhari, dan itu menjadi angin besar untuk bisnis online.

Dengan bekal relasi yang baik membuat seorang investor asal Jepang melihat peluang bisnis BukaLapak. Mereka bersedia menjadi investor untuk pengembangan awal. Modal tersebut ia pakai untuk memperbesar server, penambahan karyawan yang membuat jumlah pekerja yang dulunya hanya dua orang menjadi 320 orang. Kini melalui berbagai rencana perluasan, maka ekspansi bisnis BukaLapak akan semakin luas. Zaky bercita-cita mengangkat derajat UMKM di Indonesia, dengan dukungan teknologi informasi. (Muhammad Abdul Karim)

Sumber:

finance.detik.com/read/2016/01/29/195031/3130845/4/kisah-ceo-bukalapak-gagal-jualan-mie-ayam-hingga-modal-bisnis-rp-500000

www.tribunnews.com/bisnis/2015/11/25/diawali-kebangkrutan-achmad-zaky-sukses-kembangkan-bukalapakcom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *