Framework – Framework PHP yang Terpopuler

Framework kerangka kerja yang memudahkan para programmer membuat Aplikasi atau Web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan Framework, sebuah Aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi. Ada beberapa Framework PHP yang cukup populer dan paling sering digunakan, antara lain :

Laravel
Laravel termasuk Framework PHP yang ‘relatif’ baru, dirilis pertama kali pada juni 2011 oleh Taylor Otwell. Sejak kemunculannya, Laravel langsung ‘meroket’ menjadi salah satu Framework PHP paling populer. Perkembangannya juga sangat cepat, saat ini Laravel sudah mencapai versi 5. Salah satu hal yang cukup revolusioner dari Laravel adalah konsep modular-nya. Daripada membuat sebuah modul dari awal, Laravel banyak menggunakan modul ‘lepas’. Bahkan beberapa modulnya berasal dari Symfony. Hal inilah yang membuat Laravel lebih cepat berkembang dan bisa mengadopsi berbagai fitur terbaru.

Symfony
Framework PHP : Symfony mulai dikembangkan sejak tahun 2005. Hingga saat artikel ini ditulis, versi terakhir Symfony adalah versi 2.6. Symfony dikembangkan oleh SensioLabs, sebuah perusahaan Web Development Prancis. Karena hal inilah jika anda melihat hasil survey, programmer asal prancis banyak memilih menggunakan Symfony. Symfony ‘relatif’ lebih matang daripada Laravel karena telah lama dikembangkan dan didukung ribuan programmer, oleh sebab itu pula Laravel menggunakan beberapa modul Symfony. Terdapat berbagai situs populer yang menggunakan symfony, seperti dailymotion dan delicious.

Yii2
Yii Framework adalah Framework PHP yang dirilis pertama kali pada akhir 2008. Karena sudah cukup lama, buku-buku yang membahas Yii juga sudah banyak beredar. Pada akhir tahun 2014, Yii merilis versi 2 sebagai update dari versi 1. Yii merupakan Framework (kerangka kerja) PHP berbasis-komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan Aplikasi Web berskala-besar. Yii menyediakan reusability maksimum dalam pemrograman Web dan mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan.

Code Igniter
Code Igniter (atau sering disingkat sebagai CI) merupakan salah satu Framework PHP yang cukup ‘legendaris’, terutama di Indonesia. Dibandingkan dengan Framework lainnya, buku berbahasa indonesia yang membahas Code Igniter cukup banyak. Oleh karena itu tidak heran dari hasil survey diatas, programmer dari Indonesia menempatkan CI sebagai Framework paling populer. Code Igniter dirilis pertama kali sekitar tahun 2006 oleh EllisLab, sebuah perusahaan Web Developer asal Oregon, Amerika Serikat. Dalam perkembangannya, CI sempat ‘stagnan’ dan terancam tidak dikembangkan lagi. Tepatnya sekitar bulan Juli 2013, EllisLab mulai mencari pihak lain untuk melanjutkan pengembangan CI. Inilah yang membuat kepopuleran CI terus menurun dalam beberapa tahun belakangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *