Kecanggihan Kamera dan Pelacakan Sidik Jari Saat Berfoto

Sidik jari merupakan identitas yang dimiliki oleh manusia, Sidik jari ini digunakan untuk keperluan mengenali manusia satu dengan yang lainnya, karena tidak ada dua manusia yang memiliki sidik jari persis sama. Sidik jari sudah di kembangkan ke arah security system yang berfungsi sebagai data keamanan. Sebagai contoh mesin absensi sidik jari (finger pin), akses kontrol pintu dan masih banyak lagi.

Namun apa jadi nya jika sidik jari kita disalah gunakan ?

Dengan adanya kecanggihan teknologi telah membuat setiap gambar yang diabadikan lewat kamera menjadi semakin halus dan detail. Sayangnya hal ini justru harus lebih membuat kita berhati-hati. Sebab temuan dari profesor Isao Echizen dari National Institute of Informatics (NIII), Jepang berhasil menemukan sebuah celah yang bisa saja dibuat untuk tindak kejahatan. Yaitu menemukan bahwa sidik jari yang sengaja atau tidak terpotret dalam sebuah foto seperti pose peace dan goodbye, ternyata bisa diidentifikasi dengan sangat jelas. Semakin memiliki kamera dengan kualitas bagus, maka jangkauan jarak kejelasan sidik jari pun bisa sangat jauh. Bahkan, bisa sampai mendeteksi jari yang berjarak 3 meter dari kamera. Ini bisa saja membuat sidik jari si pengunggah dicuri dan dimanfaatkan untuk kegiatan yang ilegal. Dan yang dirugikan adalah kita sebagai penggunggah foto.

Jadi, sebenarnya bukan hanya foto peace dan goodbye saja yang berbahaya untuk diunggah. Setiap sidik jari yang terlihat dalam foto, sebenarnya bisa dibuat untuk bahan deteksi. Canggih bukan?

Nah, maka dari itu kita harus berhati-hati dan selektif terhadap foto yang kita unggah di media sosial. Karena kejahatan bisa saja mengintai kita setiap saat dan dimana pun kita berada. Lebih baik mencegah sebelum semua nya terjadi pada diri kita. Kita pun tidak mau bukan? Jika sidik jari yang kita miliki digunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

Waspadalah dan Selektif lah! Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *