Membentuk Karakter Melalui Mata Kuliah “Pembentukan Karakter” di STT NF

Setiap orang di dunia ini memiliki karakter yang berbeda. Bahkan dua orang anak yang terlahir kembar identik pun karakternya tak sama. Lalu apakah karakter pada seseorang itu dapat dibentuk?

Sebelumnya, kita harus tahu dulu, apa sih karakter itu? Karakter merupakan kepribadian pada diri seseorang yang mencakup beberapa aspek yang luas, yakni mencakup kualitas atau kekuatan mental, dimana didalamnya terdapat akhlak atau juga budi pekerti. Dan ini merupakan kepribadian khusus yang dimiliki oleh setiap individu. Jadi, karakter itu adalah sifat baik yang menjadi perilaku kita sehari-hari.

Karena begitu berpengaruhnya karakter terhadap kehidupan seseorang, sampai-sampai karakter diibaratkan seperti komponen yang menyusun sebuah gedung oleh salah seorang tokoh masyarakat. “Kompetensi bak bangunan. Karakter ibarat pondasi. Tanpa pondasi, bangunan tak kokoh berdiri, mudah goyah dan akhirnya tumbang. Tanpa karakter, jadilah Anda milik orang lain. Karakter itu prinsip. Tanpa prinsip, manusia terombang-ambing. Pilih presiden pun sekedar ikut-ikutan.” (Eri Sudewo, 2014).

Karakter yang melekat pada diri kita berpengaruh terhadap cara kita memperlakukan orang lain. Begitu pula jika seorang pemimpin itu berkarakter baik, maka baik pula sistem kepemimpinannya. Untuk itu, sangat perlu bagi seseorang untuk mendapatkan pendidikan karakter, Karena baiknya kualitas kehidupan suatu bangsa, yakni ada dibawah kendali pemuda/i yang berkarakter baik.

Sebagai mahasiswa STT NF, saya bersyukur karena kampus memberikan kesempatan kepada mahasiswanya, untuk dapat mengembangkan kepribadian yang positif melalui mata kuliah “Pembentukan Karakter” ini. Mata kuliah ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, Karena dengan adanya pembekalan karakter, mahasiswa dibentuk menjadi pribadi yang memiliki karakter seorang pemimpin, yaitu untuk memimpin diri sendiri khususnya dan orang lain pada umumnya.

Mata kuliah ini menjadi salah satu keunggulan yang ada di STT NF, karena tidak semua kampus mengadakan mata kuliah tentang pengembangan kepribadian. Yakni seperti halnya pada mata kuliah pembentukan karakter ini, yang mana diajarkan kepada mahasiswa semester 2. Adapun dosen yang mengampu adalah bapak Adi Wahyu Adjie. Disetiap awal pertemuan, Pak Aji panggilan akrabnya, memberikan soal quiz yang diambil dari materi pertemuan sebelumnya. Hal ini ia lakukan agar mahasiswa mau belajar dan tidak melupakan hal-hal yang telah dipelajari.

Selain itu, sering kali beliau memberikan motivasi kepada mahasiswa melalui kalimat-kalimat maupun menayangkan video yang menginspirasi. Mata kuliah inilah, yang menjadi salah satu pemicu semangat mahasiswa tumbuh, yakni untuk terus menuntut ilmu setinggi-tingginya dan selalu berkelakuan baik dimanapun dan kapanpun berada.

STT NF sendiri menanamkan pada diri mahasiswanya untuk memiliki karakter “NICE”.
Apa sih karakter NICE itu?
NICE merupakan kepanjangan dari Novelty, Integrity, Care, Excellence. Dimana masing-masing dari karakter ini memiliki maksud dan tujuan yang positif, salah satunya untuk menjadikan mahasiswa STT NF sebagai mahasiswa yang berkarakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *