Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Ujian Nasional sudah berlalu, para siswa pun mulai mempersiapkan diri untuk mencari universitas dan jurusan favoritnya. Tidak sedikit mahasiswa kebingungan dalam mencari jurusan favoritnya, terkadang ada yang masih kebingunan dalam menentukan jurusan yang akan diambil. Salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh siswa yaitu Jurusan Komputer, namun jurusan komputer sendiri terbagi ke beberapa bagian, jurusan yang sering didengan adalah jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Oleh karena itu kita akan membahas apa perbedaan antara jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi, sehingga para siswa tidak bingung dan salah dalam memilih jurusan favoritnya. Mari kita bahas perbedaaanya.
Teknik Informatika
Pada jurusan Teknik Informatika, kita akan mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Jadi, mata kuliah yang kita temui akan lebih banyak berkutat pada pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Di beberapa universitas, jurusan Teknik Informatika disebut dengan Ilmu Komputer. Jadi Jurusan Teknik Informatika lebih condong ke implementasi daripada teori. Disini akan lebih fokus kepada proses pembuatan aplikasi, walaupun begitu, teori juga tetap dibahas tapi tidak sedalam di Ilmu Komputer. Skripsinya anak TI wajib membuat aplikasi. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
Sistem Informasi
Jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, dan Bisnis. Fokusnya tetap di bidang software (programming), tapi lebih kearah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh karena itu tidak heran banyak mata kuliah ‘berbau’ ekonomi manajemen di jurusan ini. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Pengetahuan tentang bisnis dikembangkan melalui mata kuliah mengenai berbagai proses bisnis yang umum dalam organisasi seperti : administrasi bisnis, sistem informasi akuntansi, pengembangan dan pemasaran produk, perilaku organisasi, dsb. Seperti yang dijelaskan, di jurusan Sistem Informasi kita akan mempelajari cara membuat aplikasi untuk kepentingan bisnis suatu perusahaan. Yang lebih ditekankan adalah aspek “analisis”nya. Proses analisis ini sangat penting ketika membuat sebuah program.
Dari penjabaran diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Jurusan Teknik Informatika harus siap bersaing dalam membuat aplikasi, pengembangan software, dan pastinya membuat software yang tepat guna. Sedangkan Jurusan Sistem Informasi bagaimana mengimplementasikan teknologi ke dalam penerapan bisnis, walaupun jurusan ini tidak sepenuhnya melakukan programming, tapi harus mengetahui menganalisa suatu aplikasi dan mengetahui pembuatanya. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *