Startup Indonesia Yang Mengguncang Dunia

Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Sudah banyak sekali startup yang berasal dari Indonesia yang sukses dan sudah menghaslkan keuntungan yang sangat besar, selain mendapatkan keuntungan yang besar, startup karya anak bangsa ini juga sudah mendunia. Ini dia 5 startup anak bangsa yang saat ini sudah mendunia .

1. Kaskus
Kaskus alias kasak kusuk merupakan situs komunitas yang didirikan oleh tiga sekawan, yaitu Andre Darwis, Ronald dan Budi. Forum yang didirikan sejak 6 Nopember 1999 ini kini telah menjadi forum komunitas terbesar di Indonesia. Dalam perkembangannya, kaskus telah mendapatkan berbagai penghargaan seperti The Best Marketing Driving Company, The Best Innovation in Marketing yang diberikan oleh Marketing Magazine serta The Greatest Brand of the Decade tahun 2009-2010 oleh Mark Plus Inc.

2. Tokopedia
Tokopedia merupakan salah situs jual beli atau marketplace terbesar di Indonesia yang berhasil menghilangkan sekat antara konsumen dengan produsen. Dalam kiprahnya, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the year pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. Pada 2016 lalu, tokopedia terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry Digital Economy Award 2016. Tidak hanya penghargaan, tokopedia juga berhasil mendapatkan pendanaan dari berbagai perusahaan multinasional.
3. Go-Jek
Siapa yang tidak mengenal Go-Jek? Startup bidang transportasi dengan memanfaatkan aplikasi secara online ini merupakan karya anak bangsa, Nadiem Makarim. Dengan berbagai fitur tambahan yang ada, Go-Jek berhasil menjadi salah satu startup yang diboyong presiden ke Silicon Valley. Selain itu, Go Jek juga berhasil menerima penghargaan “Asean of The Year” dari The Strait Times.

4. Kakatu
Fakta bahwa pengguna internet di Indonesia didominasi oleh anak usia 10-19 tahun membuat Roby Tanzil Ganepi tergerak untuk menciptakan kakatu. Kakatu merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menyeleksi, membatasi dan mengawasi aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh anak. Saat ini, kakatu telah berhasil bekerjasama dengan Samsung Galaxy Tab 3V dan berhasil memenangkan penghargaan Bubu Awards v.09 sebagai startup terbaik.

5. Cubeacon
Cubeacon merupakan perusahaan startup asal Indonesia yang memanfaatkan jaringan nirkabel bluetooth untuk mempromosikan suatu barang kepada pelanggan. Dengan menggunakan cubeacon, pemilik pusat belanja dapat mengirim promosi dan penawaran kepada customer yang sedang melintas di depan toko melalui sinyal bluetooth. Dikancah Internasional, Cubeacon telah berhasil meraih juara pertama dalam ASEAN ICT Awards 2016 serta telah memproduksi 2500 unit box Cubeacon untuk pangsa pasar global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *