STT NF Jadi Fasilitator Pelatihan Android Dari Google

Sabtu (2/4) bertempat di Kampus B Sekolah Tinggi Terpadu Nurul Fikri Jalan Lenteng Agung Raya No.20, di selenggarakan program Indonesia Android Kejar pertemuan pertama dari tiga kali pertemuan yang direncanakan. Kurang lebih 40 orang peserta mengikuti program yang terbagi dalam dua kelas level Beginner dan Intermediate ini. Selain dari mahasiswa dan staff STT NF terdapat juga peserta dari luar.

Dari data yang ada Pada tahun 2014 jumlah orang Indonesia yang memiliki Ponsel berjumlah sekitar 180 juta orang dan di ramalkan akan meningkat mencapai angka 195 juta di tahun 2017. Dari jumlah tersebut hampir 60% pemilik ponsel di Indonesia menggunakan Sistem Operasi Android. Melihat potensi akan besarnya pengguna ponsel khususnya Android di Indonesia para developer Android di Indonesia dituntut untuk berinovasi dan mengambil kesempatan untuk mengakses pasar Aplikasi Mobile di Indonesia dengan menyediakan konten yang bermutu.

Indonesia Android Kejar merupakan sebuah program yang diinisasikan oleh Google Developers untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile melalui pembelajaran online di Udacity dan pertemuan offline (study group) dengan komunitas lokal. Misi dari program ini adalah membantu para developer Indonesia untuk tumbuh dan terus menciptakan Aplikasi tidak hanya untuk lokal melainkan juga untuk Global. Program ini menyediakan pengalaman pembelajaran online melalui Udacity dan pembelajaran offline bersama anggota komunitas sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam di ekosistem yang menyenangkan dan kolaboratif. Indonesia Android Kejar akan memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan Advance.

Sebagai salah satu kampus yang berbasis IT dan memiliki misi untuk menciptakan Technopreneur handal di bidang IT STT NF mengambil peran sebagai Fasilitator dari program Indonesia Android Kejar yang diisiasi oleh Google Developer ini. Fasilitator adalah pihak yang akan menjadi pengajar & pembimbing dalam sesi pembelajaran offline. Fasilitator akan bertugas mengadakan study group dan memonitor perkembangan anggotanya. Dalam hal ini STT NF memberikan fasilitas berupa lab komputer sebagai tempat untuk pelatihan dan tenaga pengajar bagi para peserta.

Toto Harjendro Kepala UPT Komputer STT NF mengatakan “STT NF Sebagai kampus Technopreneur siap memfasilitasi kegiatan ini sebagai bentuk dari peranan STT NF menciptakan Technopreneur dan mengembangkan IT di Indonesia. Lab komputer kami sudah siapkan selama kegiatan berlangsung mulai dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir nanti. Semoga tidak ada kendala teknis yang bisa menghambat kelancaran pelatihan ini.” (Hendri Nurdiansyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *