Ternyata Teknologi Inframerah Sanggup Bantu Kecepatan WiFi Sampai 40Gbps!

WiFi hotspot perlahan telah menjadi bagian dari hidup manusia. Semua data, jaringan, dan keperluan produktivitas kerja, semuanya terhubung lewat WiFi. Sayangnya, hingga kini masih banyak ditemukan berbagai kekurangan yang masih belum bisa dihindari dari standar Wireless Networking IEEE 802.11ac seperti yang kita gunakan saat ini.

Salah satunya adalah gangguan jaringan telepon, dan kecepatan hanya di antara 1Gbps yang tiba-tiba “jatuh” ketika ada perangkat lain yang terhubung. Apa solusinya? Mahasiswa PhD dari Universitas Teknologi Eindhoven telah “sedikit” memecahkan hal tersebut lewat penelitian yang dibuatnya. Ternyata teknologi infrared atau inframerah sanggup memecahkan angka 40Gbps per detik per pancaran ketika digunakan sebagai alat transmisi data WiFi.

Ini merupakan penemuan potensial di masa depan. Walaupun masih ada beberapa catatan yang harus dikaji lagi. Di antaranya adalah kecepatan yang masih terbatas kecepatan download saja tanpa upload, dan karakter sinar inframerah yang tidak sanggup menembus tembok. Artinya, bila benar-benar dibuat, router inframerah ini nantinya hanya bisa digunakan oleh perangkat dalam satu ruangan. Walaupun begitu, teknologi inframerah dalam WiFi ini berguna untuk misalnya, kantor dengan aktivitas internet tinggi atau komputer gamer dalam satu ruangan.

Rencananya sinar inframerah ini juga dimungkinkan bisa tracking atau mencari sendiri perangkat pengguna untuk difokuskan. Jangan khawatir pula, sebab teknologi inframerah yang digunakan sudah aman dan tidak membahayakan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *